Selasa, 27 November 2012

apa itu Sampling ???

Pagi yang indah.....hmmm
dihari yang cerah ini ane posting ni tentang apa tuh sampling ???

Pada dasarnya bagi yg cukup modal atau punya badget 25jt ngga perlu pakai ni sampling, mending beli tuh keyboard Korg Pa800 atau keyboard yg udah ada fasilitas samplingnya. tp buat sobat2 yg punya modal secukupnya inilah alternatifnya. Mungkin sebagian orang bilang ngapain pakai sampling !! toh ngga cukup pakai keyboard yg ada???%&$> bagi saya memang klo org yg ngga nikmatin bunyi musik ky gitu, mungkin sobat pernah berangan-angan gimana caranya saya bermain keyboard dengan suara sound yang real/nyata ky orkes melayu / band dengan suara sound asli Gendang, tamborin, dsb dibawah kendali saya sendiri.

Sampling yaitu suara nyata yg direkam dari sumbernya langsung kemudian di cut/potong2 dan disusun kembali sehingga menghasilkan bunyi seperti aslinya.

PERALATAN SAMPLING
1. Keyboard (organ)
    Keyboard yg mempunyai fasilitas Midi OUT atau USB (spt Yamaha PSR,Roland,Korg) alangkah
    bagus keyboard yg bisa bikin style ntar sobat bisa kreasikan sendiri tuh samplingnya.

2. Laptop
    Laptop sebagai penampung software untuk menjalankan program sampling (spt REASON,
    CUBASE, REAPER, FL, dsb), tp yg kita gunakan pd posting kali ini yaitu REAPER.

3. Kabel Midi / Kabel USB
    Kabel Midi, Keyboard yg memakai ini biasanya jenis KORG Pa50, untuk harga yg biasa
    + Rp.150.000,- tp ngga jamin ketahanannya (produk lokal), yg saya pakai Roland UM-ONE
    + Rp.500.000,-. sedang untuk Kabel USB Keyboard yg memakai ini biasanya jenis YAMAHA
    PSR /TEHNIC, colokannya spt kabel printer + 30.000,-

untuk sementara ini dulu posting saya untuk sampling, ntar saya bahas lagi....moga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar